Minggu, 25 September 2011

pemograman terstruktur

sebenernya pemograman terstruktur berkaitan erta dengan pemograman dan khususnya yang ngambil kuliah jurusan informatika. pasti bakaln ketemu dengan pemograman terstruktur.

Semisal keputusanya adalah membuat program (custom-write), maka tugas Anda selanjutnya adalah mendesain solusi yang ditentukan oleh analis sistem. Untul melakukanya, hal pertama yang dilakukan adalah membuat algoritma. Algoritma adalah rumusan atau serangkaina langkah untuk memecahan masalah tertentu. Untuk menjadi sebuag algoritma, sekumpulan aturan harus tidak ambigu dan memiliki saat berhenti yang jelas. Kita setiap hari menggunakan algoritma. Contoh, resep untuk roti bakar adalah sebuah algoritma. Sebagian besar program, kecuali beberapa aplikasi kecerdasan tiruan, terdiri atas algoritma. Dalam pemrograman komputer sering terdapat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, dalam situasi yang berbeda masing-masing algoritma memilki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri. Menemukan algoritma yang elegan – algoritma ynag sederhana dan dengan sedikit mungkin langkah-adalah suatu tantangan utama dalam pemrograman.
Algoritma dapat diterapkan dalam berbagai cara. Dalam langkah desain program, perangkat lunak didesaian dalam dua langkah kecil. Pertama, menentukan logika program melalui pendekatan atas-bawah dan modularisasi, dengan menggunakan bagan hierarki. Selanjutnya, mendesain logika program secara detail, baik dari segi naratif, mengggunakan pseudecode, atau secara grafis, dengan menggunakan diagram alur.
Sanget bermanfaat bila programer menggunakan pendekatan berdasarkan pengalaman pribadi untuk memprogram. Pemrograman dianggap sebagai suatu seni, bukan ilmu pengetahuan. Namun, saat ini sebagian besar programer menggunakan pendekatan desain yang disebut pemrograman terstrukur. Pemrograman terstruktur menggunakan pendekatan atas-bawah yang memecah program kedalam bentuk modul, dan menggunakan piranti logika standar yang disebut struktur kontrol (sekuensi, seleksi, kasus dan iterasi – sequence, selection, case dan iteration).
Tujuan utama pemrograman terstruktur adalah membuat program lebih efisien (dengan baris kode lebih sedikit) dan lebih terorganisasi (lebih mudah dibaca) serta memilki notasi yang lebih bagus sehingga memili deskripsi yang jelas dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar