Jumat, 26 Juni 2015

Manajer Proyek yang Baik

Manajer Proyek (Project Manager) atau biasa disingkat PM adalah posisi pertama yang harus diisi dalam memilih orang yang tepat untuk susunan anggota pada tim proyek. Pekerjaan ini diisi ketika proyek masih sekilas di mata orang, karena PM yang pertama menentukan apakah sebuah proyek dapat dikerjakan atau tidak.

Manajer tingkat atas akan menugaskan PM untuk hal-hal penting yang berhubungan dengan menjalankan sebuah proyek. Maka, manajer tingkat atas akan mencari seseorang yang memiliki kriteria sebagai berikut :
  • Kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  • Pengetahuan tentang manajemen proyek.
  • Kemampuan mengorganisasi.
  • Keahlian teknik. 
  • Kepemimpinan yang luas.
  • Kemampuan bernegosiasi dan diplomasi.

Kadang-kadang pekerjaan PM membutuhkan aksi yang tidak umum seperti berkata “Tidak” untuk perubahan permintaan yang menyimpang, mengumumkan kesalahan, atau mendisiplinkan orang-orang. PM harus mengetahui orang-orang yang terlibat sama seperti dalam politik, prosedur-prosedur pemakaian, dan proyek perusahaan.

Selain Project Manager, ada juga posisi lain yang cukup penting dalam tim proyek yaitu Project Leader atau disingkat PL. Pada tim proyek, PM berperan sebagai pelatih dari sebuah tim; sedangkan PL sebagai kapten. PM memimpin, memotivasi, mengajarkan dan menggunakan sedikit ancaman untuk mendapatkan tugas tersebut diselesaikan. PL bermain dalam tim dan memotivasi dengan memberi contoh. Kepemimpinan proyek (PM dan PL) harus selalu ada dan dapat melakukan pendekatan kepada anggota tim proyek.

Seorang PM harus melibatkan anggota tim proyek dalam setiap keputusan proyek yang penting agar mereka juga dapat mematuhinya. Sebagai contoh, anggota harus selalu memperhitungkan kembali setiap pekerjaan yang mereka kerjakan dan tercapailah kesepakatan jika seorang PM mempunyai perhitungan dan mereka tidak setuju.

Seorang PM bertugas untuk mengirim orang-orang yang berada dalam anggota tim proyek ke kursus-kursus agar mereka mendapat sesuatu yang dapat dipelajari dari orang-orang yang berpengalaman sesuai di bidangnya.


Sumber :
Modul Pengelolaan Proyek Sistem Informasi, Bab 19 - Susunan Staf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar