Jumat, 02 Mei 2014

Curriculum Vitae



Curriculum Vitae adalah deskripsi tertulis tentang pengalaman kerja anda, latar belakang pendidikan dan keterampilan. Juga disebut CV, atau hanya vitae, itu lebih rinci dari resume dan umumnya digunakan oleh mereka yang mencari pekerjaan di luar AS dan Australia. Sebuah curriculum vitae juga digunakan oleh seseorang mencari pekerjaan akademis, yaitu di college atau universitas.
Ada beberapa perbedaan antara curriculum vitae dan resume. Sebuah curriculum vitae adalah lebih lama ( hingga dua atau lebih halaman ), lebih sinopsis rinci latar belakang dan keterampilan. Sebuah CV berisi pengungkapan latar belakang pendidikan anda dan akademis serta pengalaman pengajaran dan penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, afiliasi dan rincian lainnya. Sebagai dengan resume, anda mungkin perlu berbagai versi CV untuk berbagai jenis posisi.
Seperti resume, daftar riwayat hidup harus menyertakan nama anda, informasi kontak, pendidikan keterampilan dan pengalaman. Selain dasar - dasar, CV termasuk penelitian dan pengalaman mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, asosiasi profesi dan lisensi, penghargaan dan informasi lainnya yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang anda, kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan anda menyertakan tanggal pada semua publikasi yang anda masukkan.
Fungsi Curriculum Vitae
CV berguna untuk melamar pekerjaan , untuk memenuhi persyaratan dalam usulan penelitian ( sebagai pemimpin proyek ) ,untuk melanjutkan pendidikan dan sebagainya . Sesuai dengan kegunaannya dan maksud pembuatannya , maka vitae bukan semata-mata berisi data pribadi . Vitae itu mementingkan perincian tentang ‘apa’ dan’siapa’ anda , jadi mencakup kepribadian anda .
Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan siapa diri Anda , apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya . Oleh sebab itu , selain isinya harus lengkap , singkat , dan jelas , juga harus berpenampilan yang menarik . Namun , perlu diingat bahwa vitae itu harus bersifat ilmiah yaitu tidak emotif .
Struktur umum curriculum vitae
1). Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Jangan lupa menyertakan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara rekruter bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jangan sampai semua orang terkesima dengan CV Anda tapi tidak bisa menghubungi untuk proses selanjutnya.
2). Pendidikan
Bagian ini menjelaskan background pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dituju. Ada orang yang membuat CV menjelaskan dari TK, SD, SMP sampai perguruan tinggi. Hal ini tidak salah namun dalam banyak hal tidak terlalu relevan. Hal yang mungkin penting adalah pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti. Anda bisa memasukkan item pendidikan yang lebih rendah hanya jika menurut Anda punya relevansi khusus atau ada informasi tertentu yang ingin disampaikan.
3). Pengalaman Kerja
Ini adalah bagian yang paling dilihat oleh rekruter. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Karenanya bagian ini harus jelas menunjukkan apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan yang tempat kerja sebelumnya, apa yang Anda lakukan di sana.
4). Skill Yang Dimiliki
Kadangkala Anda perlu menjelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Seringkali orang menulis skill ini secara singkat seperti: mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakukan hal yang sama.
5). Training Yang Pernah Diikuti
Anda perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.
6). Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.
7). Kegiatan Kemasyarakatan
Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Anda perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan. Ceritakan secara singkat apa yang dilakukan, peran Anda di organisasi tersebut dan pencapaian yang didapat.
Contoh Curriculum Vitae
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Sendi Riana Antoni, S.E.
Tempat /tanggal lahir : Bandung, 23 Nopember 1973.
Jenis Kelamin : Laki-laki.
Status Perkawinan : Menikah.
Agama : Islam.
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi-Akuntansi
PENDIDIKAN FORMAL
· SD Negeri Margahayu Raya di Bandung, berijazah tahun 1986.
· SMP Negeri 9 di Pontianak, berijazah tahun 1989.
· SMA Negeri 8 di Pontianak, berijazah tahun 1992.
· Universitas Gunadarma di Depok, berijazah tahun 1998.
PENDIDIKAN NON FORMAL
· Microsoft Office (Windows, Word, Excel)
· Dac Easy Accounting.
· English for Basic Conversation.
· Internet (Homepage Design, E-Mail).
· Delphi Program.
· Video and Photo Editing.
PENGALAMAN KERJA / LAIN – LAIN
· Pernah bekerja sebagai Administrasi / Akuntansi. (Communication Company)
· Pernah bekerja sebagai Sales and Collector. (Rubber Company)
· Membuat Laporan Keuangan Komputerisasi dan Manual. (Dac Easy Accounting)
· Membuat program penghitung biaya rental. computer (Delphi Programming)
· Setting dan percetakan. (Corel Draw, Microsoft Office)
· Video Shooting, Video Clip, Phot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar